Padi Gambut

Akhirnya keposting juga gambut 3 ini. Supaya lebih enak dibaca, pengunjung bisa baca Gambut edisi terdahulu yaitu pada Gambut 1 dan Gambut 2. Gambut 1 tentang kondisi daerah Gambut tentang keadaan padinya sebelum panennya sedangkan Gambut 2 tentang kondisi daerah Gambut yang tidak berhubungan dengan padi. Dan untuk Gambut 3 ini penulis akan memperlihatkan padi gambut yang akan, telah dan selesai dipanen :blush:.

Pemandangan Gambut

Gambar padi yang siap panen bisa dilihat gambar di bawah ini. Tetapi akan lebih baik jika dilihat dari padi yang siap panen versi mudanya dulu ya :yawn:.
gambutIni gambar waktu padinya mulai menunjukan diri.

gambutYang ini lebih jelas padinya mulai bermunculan ( yang keliatannya warna putih ).

gambutMulai matang padinya.

gambutIni juga sama, mulai matang padinya.

gambut

Gambar di atas, padinya sudah mulai dipanen, tetapi harus masih dipilih karena ada sebagian yang belum matang.

gambutKalau yang ini benar-benar siap dipanen. Cuma menunggu orang yang akan memanennya saja lagi.

gambutPadinya tinggal menunggu untuk dipanen.

padi gambutPadinya mulai dipanen. Bisa dengan menggunakan celurit atau yang lain.

daerah gambutPadinya sudah dipanen dan yang tertinggal hanya ampasnya.

panen gambutPadinya juga sudah dipanen dengan celurit.

sate gambutSetelah selesai panen biasanya akan terjadi kebakaran. Hasil kebakarannya bisa dilihat pada gambar di atas. Entah disengaja atau tidak, sehabis panen biasanya akan selalu ada kebakaran.

pemandangan gambutSetelah tidak ada lagi kebakaran lahan, maka lahan tersebut akan ditanami bibit tanaman padi. Bahasa daerahnya yaitu batanam taradak.

alam gambutLalu setelah akan terjadi siklus lagi. Siklus disini maksudnya akan kembali seperti keadaan Gambut 1. Ok deh sekian dulu postngan tentang Gambut nya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya .

Share: