Tutorial Burn File ISO

Software burn file ISO image

Postingan mengenai cara membakar/burn file iso ini terinspirasi ketika penulis ngopi minum file os dari cd ke harddisk. Kalau diingat-ingat rasanya penulis ingin tertawa sewaktu masih belum tahu burn file iso. Ceritanya begini……waktu komputer penulis lagi error, pengunjung bisa baca kisah komputer yang lagi errornya seperti apa bisa menuju link ini (baca : instal ulang windows lagi).

Kejadian ketika sudah selesai instal penulis mau ngopi minumfile os dari cd kepunyaan orang yang memperbaiki komputer tadi. Minta izin dulu sih kalau mau ngopi file tadi, lalu diizinkan. Langsung deh pada explorer pada drive cd tekan ctrl A, lalu dicopi ke harddisk penulis. Kopi mengkopi selesai minum. Seharusnya file tadi dibuat kedalam file iso dulu, lalu selanjutnya burn file iso nya.

burn iso filePulang ke rumah, file yang ada di hardisk penulis tadi lalu penulis bakar ke cd kosong supaya bisa jadi cd os. Langsung dicoba dan ternyata tidak mau. Kejadiannya sama seperti cd os yang lain, yang penulis copi dari dvd ke harddisk, lalu dari harddisk di bakar ke dvd kosong. Hasilnya sama juga tidak mau juga. Masalahnya lama baru terselesaikan .

Alhamdulillah ketika penulis minta software kepada salah satu teman penulis ditawari beliau software yang bagus untuk membakar file iso atau burn file ISO. Penulis pun bingung mendengarnya. Beliau jelaskan bahwa untuk membuat file os ke cd/dvd biasanya dengan file ISO(bingung mau jelaskannya supaya mudah dimengerti). Ada juga cara lain yaitu dengan copi cd/dvd. Mulai dapat gambaran kenapa masalah tidak berhasil untuk membuat cd os dari cd tadi ke cd kosong. Ternyata kalau mengikuti cara penulis yang dari cd os—>>harddisk—>>cd kosong, maka sampai kiamat pun gak bakalan berhasil. Kecuali file dari cd os tadi dibuat ISO di dalam harddisk dengan menggunakan software tertentu.

Cara burn iso

Akhirnya ketahuan penyebabnya, lucu juga penulis baru tahu kalau seperti itu. CD dan DVD yang gagal tadi akhirnya cuma bisa dijadikan mainan piring terbanggelakguling.

Ok deh itu tadi cerita dari penulisa sebagai latar belakang untuk meneruskan postingannya. Seperti judul di atas, yaitu cara untuk bakar/ burn file ISO dapat dilakukan dengan berbagai software. Namun penulis untuk burn file ISO hanya menggunakan aplikasi ISO BURNER, yang dari pemberiannya temn penulis, untuk men downloadnya bisa klik link ini. Tinggal jalankan aplikasinya lalu cari file ISO lalu burn. Tunggu proses dan selesai :yawn:.

Semoga informasi cara/tips untuk burn file Iso tadi bermanfaat, sampai jumpa di postingan selanjutnya .

Latest posts by Hasnani (see all)

21 thoughts on “Tutorial Burn File ISO

  1. waroeng ubuntu

    iya file untuk OS namanya .iso, jgn lupa check juga md5sum sebelum burning cd/dvd supaya os-nya ga error

    md5sum kalo blm mengerti bisa googling :D

  2. mjcoolz21

    pengalaman menjadi guru mas…

    memang dg ISO file kita tidak hanya bisa jaga isi dari CD itu tapi juga file booting supaya bisa dijalankan under dos

  3. 03agoenk

    Pertama2 salam kenal dulu…..
    Salam kenal saya 03agoenk…

    Nah klo saya sendiri buat ISO file dengan nero aja, cuma add terus ganti formatnya, jadi dech ISO file…

    Tp beda dengan OS, klo OS ga bisa hanya add, tapi saya biasanya copy CD aja langsung….

  4. SERBA BLOG

    Wahh…br tau tuh…kl ngebakar CD OS langsung pasti ga bisa….
    tp gw biasanya copy dr HD langsung, bisa tuch…emangnya OS apa tuh…???
    tp thanx bgt nih infonya…sp tau ntar ngalamin hal kayak begini, jd udh tau apa penyebabnya…
    thanx yaa sob…ijin sedot tuh ISOnya…pokoke harus iso yaaaa….heheheheee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *