Tips untuk Menambah Kecepatan Internet

Internet dengan kecepatan yang tinggi merupakan dambaan bagi penggunanya, tidak terkecuali bagi penulis. Internet yang ideal menurut penulis yaitu cepat dan tanpa batas. Tetapi, sering kali hal itu tidak dapat saling melengkapi. Ada layanan  internet cepat, tapi terbatas pada kuota. Kebalikannya ada layanan internet yang tanpa batasan kouta, tetapi speed internetnya seperti siput yang lagi menggendong anak. Sehingga untuk mendapatkan keadaan yang “ideal” menurut penulis dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Tetapi untuk kali ini penulis hanya akan memaparkan bagaimana cara untuk mempercepat kecepatan internet.

Meningkatkan kecepatan koneksi internet

menambah kecepatan koneksi internetKetika kita berinternet dengan menggunakan sebuah analog modem dengan kecepatan 28.800 bps atau lebih , kecepatan sebenarnya adalah 16550AF/16550AN UART (Universal Asynchronous Receiver Transmitter) pada sistem operasi komputer. Untuk dapat meningkatkan atau memaksimalkan speed internet ada dua cara untuk mencapai kecepatan internet maksimal tersebut.

Tips untuk menambah kecepatan internet

Cara untuk menambah kecepatan akses internet yang pertama yaitu:

  1. Klik kanan pada icon My Computer
  2. Klik Properties
  3. Pilih Device Manager
  4. Pilih Ports
  5. Klik Serial Communications Port yang ingin diset (salah satu port yang terkoneksi dengan modem anda).
  6. Pilih Properties tab untuk keterangan port
  7. Pada screen Port Settings, ubahlah pada angka 921600 bps (bit per second)
  8. Klik OK untuk menyimpan setting anda.
  9. Selesai

Untuk cara yang kedua untuk mempercepat kecepatan internet yaitu

  1. Buka file WIN.INI, yang berada pada folder Windows.
  2. Dengan menggunakan Notepad temukan bagian [Ports]
  3. Pada bagian port tadi, kita dapat melihat COM1:, COM2:, COM3: dan COM4: yang mempunyai nilai yang sama. Gantilah line COM tadi seperti di bawah ini :

COM1 = 921600, n, 8, 1, p
COM2 = 921600, n, 8, 1, p
COM3 = 921600, n, 8, 1, p
COM4 = 921600, n, 8, 1, p

Arti :
COMx : = Nilai physical untuk COMmunications port : x = 1 – 4 pada sebagian besar PC.
921600 = Kecepatan COMmunications port dalam bit per second (bps). Maximum adalah 921600, tergantung pada type UART dan speednya. Defaultnya adalah 9600 bps.
N = parity bit : n = none (default adalah e = even).
8 = data bit: 8 (maximum 8, default adalah 7).
1 = stop bits: 1 (maximum 2, default adalah 2).
P = getaran hardware (default adalah x = software shaking).

Simpanlah file tadi, lalu restart Windows untuk mendapatkan efek dari perubahan settingan tadi. Selain itu, dapat juga untuk mengatur port COM yang terhubung dengan modem atau card fax. Jika mempunyai sebuah serial mouse yang terhubung dengan port COM untuk tidak diubah, karena mouse baud rate mempunyai batasan pada 1200 – 2400 (dan jarang sekali yang dinaikkan sampai 9600 bps).

Setelah merestart, maka akan mempunyai satu peningkatan kecepatan transfer, baik menggunakan ISP (TCP/IP protocol). Online Service (AOL), dan semua komunikasi anda, baik Internet, aplikasi Fax atau game multiplayer.

Untuk tips/trik diatas digunakan pada sistem operasi Windows XP. Sekian dulu postingan mengenai tutorial cara mempercepat/menambah kecepatan internet.

2 thoughts on “Tips untuk Menambah Kecepatan Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *