Tampilan Baru Editing Posting WordPress.org versi 5.0

Penulis sekarang lumayan jarang login ke admin dashboard blog gambutku.com ini. Sampai-sampai penulis lupa cara membuat postingan blog wordpress menjadi justify (setelah googling ketemu alt+shift+j). Tetapi ketika dicoba tidak bisa justify. Atau di wordpress Gutenberg fitur justify memang bermasalah.

Biarpun jarang login, penulis ada saja kepo-kepo trafik yang datang ke blog gambutku ini, ada yang dari tersesat dari search engine, ada yang direct, dll. Dan ya, karena jarang malas posting, sehingga trafiknya turun drastis.

Ketika login dan mau posting, ada pemberitahuan update wordpress ke 5.0.x.. Seperti biasa penulis update lah CMS wordpressnya beserta plugin-pluginnya.

Siap untuk posting artikel terbaru, tetapi editing postingnya benar-benar berubah, mirip seperti editing posting ketika nyepam di medium.com. Tampilan editing posting wordpressnya seperti memakai block dan bisa dilihat seperti gambar di bawah ini

editing posting wordpress 5.0

Kalau mau dikembalikan ke tampilan lama wordpress aka downgrade bisa dengan menggunakan plugin Classic Editor. Tetapi penulis lebih memilih tampilan baru ini, karena keliatannya tampilan editing wordpress versi baru ini lebih memudahkan untuk posting, hanya perlu waktu untuk adaptasi dan mungkin perlu kembali rajin posting di blog gambutku ini.

Hal yang minus dari edting posting wordpress terbaru ini hanya pada bagian copy paste emoticon. Emoticon onion head akan menghilang dari peredaran di tiap paragraf yang penulis posting. Hasil paste gambar onion head emoticon tidak secantik versi tampilan editing posting wordpress .lama.

Sekian dulu dan sampai jumpa pada postingan gak jelas selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.