Spion Dua

Penulis hampir setiap hari mengarungi jalanan dari Gambut menuju Banjarbaru dan sebaliknya. Bahkan kadang sering juga dari Gambut menuju Banjarmasin. Maklum tempat tinggal penulis di daerah perbatasan(maksudnya perbatasan antara dua kota besar di Kalimantan Selatan). Oh iya, foto disamping merupakan sedikit gambaran penulis ketika memakai sepeda motor dengan spion dua.

Penghujung tahun 2009 dan diawal tahun 2010 ini setiap kali melakukan perjalanan, penulis merasa ada suatu yang lain di jalan raya. Suatu yang lain tadi yaitu hampir semua sepeda motor memakai spion dua.

Penggunaan Spion Dua

Bagi pengendara sepeda motor yang masih belum terbiasa memakai spion dua, mungkin akan sedikit canggung ketika mengendarai sepeda motor. Perlu sedikit penyesuain dengan keadaan baru tadi. Untungnya penulis tidak perlu penyesuaian seperti orang lain. Hal tersebut karena sepeda motor penulis dari awal beli sampai sekarang selalu didampingi oleh spion dua:woooh:.

Fungsi Spion Dua

gambutBanyak alasan kenapa dari dulu sampai sekarang penulis tetap memakai spion dua(seikit curhat). Dulu ketika baru beli sepeda motor alasannya karena penulis baru bisa mengendarai sepeda motor, sehingga menurut penulis dengan spion dua. Sesudah dulunya penulis merasa nyaman dengan spion dua sehingga malas untuk melepasnya. Ketika menyenagi bidang fisika, penulis menyadari kalau spion itu ternyata cerminnya cermin cembung, dimana sifatnya yaitu bayangannya maya, tegak dan diperkecil(eh jadi kemana-mana bahasnya). Oleh karena itu penulis merasa harus menghargai temuan cermin cembung tersebut oleh penemunya dimana penulis belum tahu siapa penemunya dengan menggunakan spion kanan dan kiri. Biar selamat maksudnya. Amin. Lalu yang terakhir yaitu diwajibkannya spion dua oleh dinas lalu lintas di provinsi penulis yaitu Kalimantan Selatan dan Provinsi yang lainnya.

Penggunaan spion dua bagi sepeda motor sangat disetujui oleh penulis. Dengan begitu akan lebih aman kalau berkendara sepeda motor apalagi misalnya saja seperti roda empat yang memakai ban terbaik di Indonesia GT Radial. Untuk awal-awalnya mungkin agak sedikit kaku, tapi tenang saja nanti akan terbiasa juga seiring berjalannya waktu. Misalnya masih tetap bersikeras untuk memakai spion satu, entah itu kanan saja atau kiri. Atau melah yang lebih ekstrim lagi yaitu tidak memakai spion satupun. Silahkan tanggung sendiri hasilnya yaitu menurut info yang penulis dengar, apabila tertangkap melakukan pelanggaran tadi, silahkan bayar denda 250ribu.

Selalu ada yang berlawanan seperti hitam-putih, pria-wanita, tinggi-rendah, tua-muda, dan lain-lain. Juga kanan-kiri, oleh karena itu pakailah spion di kiri dan kanan. Sampai ketemu di postingan selanjutnya ya.

Latest posts by Hasnani (see all)

45 thoughts on “Spion Dua

  1. rizal

    ekekek,…artikel yg unik D: Wah perjalanan yg melelahkan tu,..!!! Kalo sy sih make Spion dua tuh alasannya kagak mau oprek2 motor yg br d beli…lagian sy orgnya selalu nerima apa adanya…hehehe :) Kecuali kalo di modif lain cerita, jadi gk setengah2…!!! Ok, deh sukses aja Bro

  2. My-Belix

    Benar sekali… kalau pake spion rasanya nyaman ketika mengendarai, gk perlu banyak tengok ke belakang, apalagi kalau jalanan sedang macet atau melintas di perempatan. Info yang menarik….

  3. Squidy Anan

    @lina
    yupz
    @rinelle
    same
    @my belix
    benar sekali fren.:D
    @baburinix
    siap2 nyumbang fren.:D
    @halocoy
    sama sprti saya.:D
    @facechan
    biar selamt sampai tujuan.hehe
    @rini
    perlu adaptasi.:D
    @iezul
    mari kita trenkan lg.:D

  4. sda

    bagus lah kalau sekarang sudah begitu, yang melanggar didenda…asal dendanya benar masuk ke kas negara dan dikembalikan dalam bentuk fasilitas untuk rakyat lagi.

  5. waroeng ubuntu

    jadi sekarang perusahaan motor wajib memasang spion 2 di semua produk sepeda motornya :)

    biar konsumen ga repot lagi

  6. Rizkyzone

    iya sob spion du nyaman, kebanyakan orang hanya memakai 1 spion, kalau d tulungagung mengartikan spion 2 tandanya berdoa, melambangkan 2 tangan kalau lagi berdoa

  7. Squidy Anan

    @secangkir teh
    benar sekali fren.:D
    @the international
    demi keselamatan tidak masalha dibilang tidak gaul.:D
    @narti
    semoga saja. amin
    @sda
    yupz
    @warung ubuntu
    biasanya memang dipasang, tp konsumen sendiri yg lepasnya.:D
    @rizky09
    doa biar selamat sampai tujuan.:D
    @janoko
    hahahaha, benar cuy, asal kaca helmnya dibuka.:D

  8. iyoong News

    Salam kenal dari orang gambut juga .. :)

    saya sepakat dengan spion dua.., semua yg diciptain dibumi selalu berpasangan….

    gubernur juga dua (2R).. *loh apa apan nih,, sstttt bukan maksud apa apa yaa :P*

  9. Black

    Bener banget tuh sob, spion 2 emang penting. tp knp ya kalo di daerahku pada gak mau pake spion 2? kalo ada juga yang pake cuma bpk2 ato ibu2? kalo remaja jarang banget…. termasuk aku juga sih :D

  10. Anonymous

    ayja nan ae.. aq umpat koment yg k 33.. ssuai NIM q shrusnya..hho.. stuju nan ae spion dua.. tp prturan yg menyalakn lmpu di siang hari tu kd stuju.. rasanya jalanan msh klihatan dgn jelas mun siang hari..hho

  11. Vindy Putri

    sebenernya si pembuat sepeda motor sih udah pinter. spion dua buat luat belakang dari dua sisi. body nya yang di design sedemikian rupa juga maksudnya mudah bergerak, knalpot yang letak dan ukurannya juga usah sesuai, kan fungsinya mengeluarkan limbahnya. bukan malah knalpot di angkat ke atas yang katanya biar suaranya keras. kasihan di sekitarnya kan…

    haduh.., udah deh.. sepeda nggak usah banyak di modif. mempercantik sih nggak apa2. mending duitnya buat beli bensin trus jalan2 deh ;)

  12. wahyu

    wakakak
    setengah2 nih…
    masa pasang spion karena alasan keamanan tapi ada embel2nya kl g pasang dua spion kena denda 250rb hahahha…

    btw
    salam kenal ;)

  13. Astaga.com LIfeStyle On The Net

    lebih aman pake spion, yuk gunakan standar berkendaraan untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain

  14. eet

    sepeda motor khan udah didesain sedemikian rupa untuk kemanan dan keselamatan pengendara…tp kok ya aneh banyak org yg suka utak-atik dan preteli sesukanya………

  15. Squidy Anan

    @all kecuali ultimate12
    thank komennya :D
    @ultimat12
    maaf, anda yg ke 42.hehe.
    mungkin akibat dns fren, jd ketika buka blog ini yg terbuka yg halaman lama.:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *