Tidak terasa penulis sudah memasuki semester 5 dalam masa perkuliahan di fisika FMIPA UNLAM. Dimana rata-rata diperlukan oleh seorang mahasiswa untuk lulus berkisar 4-5 tahun, sehingga dapat dikatakan penulis sudah menempuh separuh jalan dalam mengikuti kegiatan perkuliahan fisika. Mudah-mudahan penulis bisa lulus dengan waktu sekitar 4 tahun. Amin.

Penulis yang merupakan salah satu mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat memutuskan untuk mengambil bidang keahlian Fisika Instrumentasi. Disini sebenarnya ada dua pilihan bidang keahlian, satu seperti yang telah disebutkan penulis tadi dan satunya yaitu bidang keahlian Geofisika. Untuk bidang Fisika Instrumentasi lebih sering berada di dalam lab, sedangkan untuk bidang Geofisika biasanya dalam mengambil data akan langsung ke lapangan. Sedangkan dari disiplin ilmu menurut penulis, sudah sama-sama ok. Tergantung mahasiswa lebih tertarik ke arah mana .

Semester ini penulis memprogram 7 mata kuliah. 7 mata kuliah tersebut yaitu :

  1. Fisika Statistik
  2. Fisika Kuantum
  3. Metodologi Riset
  4. Kerja Bengkel
  5. Elektronika Lanjut
  6. Intrumentasi Alat Ukur
  7. Sistem Sensor

rumus fisikaDari 7 mata kuliah di atas, 3 mata kuliah merupakan mata kuliah bidang keahlian yang penulis pilih tadi. 3 mata kuliah tadi yaitu elektronika lanjut, instrumentasi alat ukur dan sistem sensor. Sedangkan yang lainnya merupakan mata kuliah yang sama-sama diprogram oleh bidang keahlian fisika Instrumentasi maupun Geofisika :blush:.

Biasanya penulis lebih suka mencari ebooknya daripada meminjam di perpustakaan/ruang baca. Kebetulan dari mata kuliah di atas banyak tersedia ebook yang bertebaran di google. Salah satu ebook yang penulis dapat, sangat membantu dalam mengikuti perkuliahan :devilishgrin:.

Ok deh, sekian dulu postingan kali ini. Mudah-mudahan kuliah di semester berjalan dengan lancar .

Share: