Keselamatan Berkendara Motor dengan Helm

Kecelakaan fatal pada gelaran MotoGP seri Sepang Malaysia yang dialami oleh Marco Simoncelli berakibat pada kematian. Kecelakaan MotoGP seri Sepang Malaysia melibatkan 3 pembalap yaitu Marco Simoncelli, Colin Edwards, dan legenda hidup MotoGP Valentino Rossi. Dari video atau adegan tayangan ulang kecelakaan tragis MotoGP Sepang Malaysia terlihat bahwa helm dari Marco Simoncelli terlepas akibat bertabrakan dengan motor Colin Edwards. Padahal helm yang dipakai Marco Simoncelli pasti sudah mendapat sertifikasi standar internasional

Berkaca dari kecelakaan hebat MotoGP di atas, keselamatan dalam berkendara motor di jalan harus dinomor satukan. Banyak sekali yang harus diperhatikan ketika akan sedang berkendara motor di jalan. Mulai dari keadaan sang pengendara(dalam keadaan sehat jasmani dan rohani) sepeda motor beserta motornya(apakah tekanan ban sudah pasdan memakai ban terbaik di Indonesia GT Radial, perlengkapan sepeda motor seperti spion motor sudah terpasang dan lain-lain), pakaian yang digunakan serta helm yang dipakai.

Standar Helm SNI

helm standar sepeda motorPenggunaan helm standar ketika berkendara sepeda motor adalah hal yang sangat penting dan wajib hukumnya untuk dipakai. Dengan adanya helm standar maka akan meminimalisir cedera yang akan didapat ketika terjadi kecelakaan bermotor. Helm yang digunakan pun harus helm standar (SNI) untuk berkendara sepeda motor dan sudah dipasang dengan benar(klik).

Banyak pengendara motor memakai helm dengan tujuan untuk menghindari dari tilang polisi. Seharusnya memakai helm dengan tujuan untuk keselamatan penggunanya, bukan untuk keselamatan dari peraturan lalu lintas (maksudnya supaya tidak kena tilang). Contohnya saja apabila pengendara motor hanya berkendara di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, sangat jarang ada yang memakai helm untuk keselamatan berkendara. Padahal kecelakan berkendara itu tidak memandang siapa, kapan dan dimana.

Menghindari kecelakaan berkendara

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kecelakaan. Kita(subjek) berkendara dengan hati-hati, tetapi orang lain(objek) tidak hati-hati dalam berkendara akan mengakibatkan kecelakaan. Kita tidak hati-hati berkendara tetapi orang lain hati-hati dalam berkendara juga dapat mengakibatkan kecelakaan. Atau dua-duanya, kita dan orang lain tidak hati-hati dalam berkendara maka pasti akan mengakibatkan kecelakaan. Jadi berhati-hatilah dalam berkendara motor dan gunakan helm standar biarpun untuk perjalanan pendek supaya nanti selamat sampai tujuan.

Sekian dulu postingan mengenai keselamatan berkendara motor dengan helm standar. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

2 thoughts on “Keselamatan Berkendara Motor dengan Helm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *