Elektronika Komunikasi Rangkaian XR-2206

Skema rangkaian XR-2206

Kuliah fisika Elektronika Komunikasi ditempat penulis mendapat suatu tugas untuk membuat rangkaian XR-2206 seperti yang ada pada datasheet XR-2206. Dimana untuk pembuatan rangkaian XR 2206  sudah tidak menggunakan kabel penghubung yang berserakan lagi seperti pada postingan penulis di praktikum fisika sistem sensor, tetapi dengan menggunakan proses etching :hilo:.

Praktikum rangkaian XR-2206

Langkah pembuatan rangkaian xr2206.

Pertama-tama yang dilakukan yaitu menentukan rangkaian XR-2206. Diperoleh rangkaian XR-2206 seperti pada gambar di bawah ini :please:

Rangkaian XR 2206

Setelah itu lalu diaplikasikan pada pcb designer. Lalu membuat rangkaian tadi pada program pcb designer. Pada tahap ini belum memperkirakan peletakan untuk masing-masing komponen. Setelah selesai membuat diagram rangkain pada pcb designer lalu memprintnya tetapi diprint dengan fitur reverse supaya nantinya ketika difotokopinya hasilnya tidak terbalik. Hasil dari PCB Designer untuk gambar rangkaian di atas yaitu :sweaty:

praktek Rangkaian XR-2206

Setelah diprint dan difotokopi lalu dimulailah proses untuk menempelkan hasil fotokopi tadi pada papan pcb. Proses ini dilakukan secara bergantiann oleh teman-teman dan setelah 1 jam lebih ternyata hasilnya belum menempel dengan benar sehingga dilakukan proses print dan fotokopi lalu dilakukan proses setrika lagi untuk menempelkan hasil fotokopi pada papan pcb. Pada percobaan yang kedua kali ini proses untuk menempelkan hasil fotokopi pada papan pcb akhirnya berhasil :blush:.

Proses Etching

Proses selanjutnya yaitu etching. Etching yaitu proses untuk membuat jalur-jalur pada papan PCB dengan bantuan bahan kimia ferro chlorit. Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan papan pcb yang sudah menempel hasil fotokopi tadi pada larutan ferro chlorite(FeCL3). Untuk membuat larutan ferrochlorit yaitu dengan mencampurkan ferro chlorit padat dengan air panas/hangat. Kegunaan dari air panas yaitu untuk mempercepat proses pelarutan tembaga pada papan pcb :antok:

Ketika tembaga yang ada pada papan pcb sudah terlarut dan menyisakan diagram rangkaian xr2206 selanjutnya yaitu membersihkan hasil fotokopian yang menempel pada papan pcb dengan tiner. Cukup gosokkan kain yang sudah dicelupkan dalam tinier ke papan pcb sehingga tinta dari fotokopi hilang :woooh:.

Langkah selanjutnya yaitu proses pengeboran papan pcb. Pada proses ini mata bor dengan papan pcb harus diletakan dengan sudut 90o supaya ketika mengebor tidak terjadi kemiringan pada lubang yang dihasilkan. Yang perlu diperhatikan ketika proses pengeboran, posisi lubang-lubang hasil bor harus rapi. Setelah itu dilakukan pemasangan komponen-komponen elektronik pada papan pcb dan selanjutkan disolder. Pada proses ini, seperti pada langkah awal i belum memperkiraan peletakan komponen-komponen. Sehingga banyak komponen yang terkesan tidak rapi ketika dipasang :devilishgrin:.

Uji coba rangkaian

Setelah proses pemasangan beserta solder selesai lalu dilakukan uji coba rangkaian pada osisloskop. Hasil yang terlihat setelah dihubungkan dengan osiloskop seperti pada gamabr di bawah ini.

praktikum fisika elektronika

Sedangkan untuk gambar-gambar yang lain seperti gambar hasil rangkaian dan kegiatan sewaktu praktikum fisika Elektronika Komunikasi dapat diklik tombol di bawah ini

praktikum fisika xr2206

datasheet xr-2206

praktiuk fisika seru

Sekian dulu postingan mengenai praktikum elektronika komunikasi kali ini ya .

Latest posts by Hasnani (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *