Praktikum Sistem Sensor

Praktikum fisika sistem sensor

Kuliah di MIPA UNLAM khususnya Fisika pastinya akan selalu menemui yang namanya praktikum. Ada praktikum, maka akan ada laporan praktikum , dan di akhir praktikum biasanya akan ada yang namanya final praktikum. Berhubung penulis berada di semester 5 sehingga ada dua praktikum fisika bidang keahlian yang di ambil yaitu Elektronika Lanjut dan Sistem Sensor :yawn:.

Postingan kali ini penulis akan memperlihatkan sedikit mengenai praktikum fisika Sistem Sensor. Pada praktikum ini, mempelajari mengenai jenis-jenis sensor. Ada sensor cahaya dan sensor suhu, sedangkan sensor-sensor yang lain seperti sensor air, sensor gerak, sensor kebakaran, dan sensor-sensor yang lain sampai no sensor/tanpa sensor dipelajari secara teori saja :eheh:.

Untuk praktikum fisika sistem sensor cahaya digunakan LDR(Light Dependent Resistor). LDR terdiri dari sebuah cakram semikonduktor yang mempunyai dua buah elektroda pada permukaannya. Semakin besar intensitas cahaya yang diperoleh pada LDR maka nilai resistansinya akan semakin berkurang dan sebaliknya :argh:.

Sedangkan pada sensor suhu menggunakan NTC(Negative Temperature Coeficient). NTC adalah jenis resistor non linier yang nilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Semakin besar/panas suhu yang diperoleh pada NTC maka nilai resistansinya akan semakin berkurang dan sebaliknya :sweaty:.

Praktek fisika Sistem sensor

Apabila ingin melihat asyiknya pada saat praktikum Sistem Sensor dapat diklik tombol di bawah ini.

praktikum fisikaKeliatan asyiknya waktu praktikum.

Praktikum fisika sistem sensorIni sewaktu praktikum sensor suhu dengan ntc

laporan kuliah fisikaMasih asyik mengambil data karakteristik NTC
Praktikum sistem sensorIni rangkaian untuk final praktikum sistem sensor. Disini penulis dkk memilih untuk membuat rangkaian lampu otomatis sederhana dengan LDR

sistem sensor ldrUjicoba rangkaian lampu otomatis, dapat dilihat dari tangan Alan yang menunjukkan tanda OK

praktek fisika sensorIni pengambilan gambar yang lebih dekat

praktek fisika sensor cahayaRangkaian lampu otomatis yang sudah disolder pada PCB

rangkaian lampu otomatisTampak dari belakang
Untuk praktikum fisika Elektronika Lanjut bisa dilihat pada postingan selanjutnya ya. Sekian dulu postingan praktikum fisika sistem sensor.

Latest posts by Hasnani (see all)

9 thoughts on “Praktikum Sistem Sensor

  1. Pingback: Kuliah Fisika Semester 5 | Gambutku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *