Praktikum Elektronika Lanjut

Praktikum Fisika Elektronika Lanjut

Seperti janji penulis pada postingan praktikum fisika sistem sensor, postingan mengenai praktikum elektronika lanjut adalah rangkaian dari beberapa final praktikum fisikayang ada pada semester 5 di Fisika Fakultas MIPA UNLAM.Penulis mendapatkan jatah seven segmen untuk tugas akhir final praktikum fisika elektronika lanjut. Disini penulis beserta rekan penulis merangkai rangkaian seven segmen. Keluaran yang diharapkan pada 7 segmen yaitu bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 0. Masukan(input) ada 4 dan masing-masing diberi masukan 1 atau 0 sehingga dapat muncul bilangan yang diinginkan.

Praktikum seven segmen ini dimulai menentuan kaki-kaki dan jenis seven segmen, dimana pada kaki yang ke 8 tersebut digroundkan. Disini digunakan jenis seven segman katoda tunggal. Pada pengamatan diperoleh kaki 1 sebagai segmen a, kaki 2 sebagai segmen b, kaki 3 tidak menyala, kaki 4 sebagai dot, kaki 5 sebagai segmen c, kaki 6 sebagai segmen d, kaki 7 sebagai segmen e, kaki 8 sebagai katoda, kaki 9 sebagai segmen g, dan kaki 10 sebagai segmen f. Jadi masing masing kaki seven segmen tersebut menpunyai fungsi sebagai segmennya tersendiri.

Selanjutnya membuat rangkaian pencacah dengan IC tipe 7447. Disini mengamati tampilan display yang terbentuk dengan msukan yang berbeda-beda. Pertama dimulai dengan tidak ada masukan diperoleh tampilan displaynya 0 yang keluarannya/ kaki yang menyala pada kaki a,b,c,d, dan f. Selanjutnya input diberikan di kaki D maka diperoleh tampilan display angka 8 dan kaki yang menyala pada kaki a,b,c,d,e,f, dan g. Begitu seterusnya sampai diberikan input pada A, B, C, dan D maka tampilan displaynya tidak ada, artinya=15. Masing masing kaki seven segman menampilkan led sesuai dengan masukannya.

Rangkaian praktikum fisika seven segmen

Apabila ingin melihat bagaimana tampilan rangkaian seven segmen nya dapat diklik tombol di bawah iniPraktikum Fisika seven segmen

praktek fisika elektronika

Selain rangkaian seven segmen, teman-teman penulis ada yang mendapatkan tugas akhir gerbang logika, flip-flop dan lain-lain.

Sekian dulu postingan mengenai praktikum elektronika lanjut rangkaian seven segmen ini ya.

Latest posts by Hasnani (see all)

One thought on “Praktikum Elektronika Lanjut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *