Nilai Kode Warna Resistor

Tabel warna resistor

Nilai kode warna resistor menentukan besarnya nilai hambatan pada resistor. Nilai kode warna resistor bisa dilihat pada gambar di bawah ini :devilishgrin:

Nilai Warna ResistorGambar nilai kode warna resistor di atas penulis dapatkan dari link ini.
Misalnya untuk warna coklat, hitam, merah dan emas, bearti untuk cara membaca nilai hambatannya yaitu sebesar (10 x 100)±5%. Warna coklat berarti 1, hitam berarti 0, merah berarti dikali 100 dan emas berarti 5% :hilo:.

Tips menghafal kode warna resistor

Ada tips/cara supaya cepat ingat dan hapal kode warna resistor di atas. Caranya yaitu dengan menghapal huruf awal kode warna di atas dan dibuat menjadi kalimat. Contohnya seperti yang penulis dapatkan dulu sewaktu Sekolah di SMPN 1 Gambut, yaitu dengan kalimat “Hai Caplin Mau Jadi Kaya Harus Bekerja Ulet Asal Punya Emas Perak Tak Masalah“. Tehnik ini penulis dapatkan ketika kelas 3 SMP dulu dan sampai sekarang masih bisa diingat oleh penulis. Kalau diurutkan dan diambil huruf depannya maka kalimat di atas akan menjadi kode nilai warna resistor secara berurutan :puppyeyes:.

Hai-H-Hitam

Caplin-C-Coklat

Mau-M-Merah

Jadi-J-Jingga/Orange

Kaya-K-Kuning

Harus-H-Hijau

Bekerja-B-Biru

Ulet-U-Ungu

Asal-A-Abu-abu

Punya-P-Putih

Emas-Emas

Perak-Perak

Tak masalah-Tak berwarna

Semoga postingan mengenai kode warna pada resistor ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya ya .

3 thoughts on “Nilai Kode Warna Resistor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *