Meredakan Gejala Flu Pada Bayi Dengan Lakukan Ini di Rumah

Cuaca di Indonesia memang terkenal dengan musim pancarobanya. Musim pancaroba ini sebutan untuk cuaca yang mudah sekali berubah. Karena itu, ada beberapa penyakit yang kerap menyerang tubuh masyarakat Indonesia salah satunya flu. Semua usia bisa terserang flu, termasuk bayi. Sebelum memberikan obat flu untuk bayi dalam mengurangi gejalanya, kita juga bisa lakukan hal-hal berikut ini di rumah.

Perhatikan Asupan dan Buat Bayi Merasa Lebih Nyaman

Gejala Flu Pada BayiJangankan bayi, orang dewasa saja ketika terserang gejala flu pasti merasa tidak enak badan. Bayi juga begitu, mereka akan merasa tidak enak badan yang mana membuat mereka jadi rewel. Apalagi flu menyerang sistem pernapasan, mudah membuat hidung tersumbat dan bayi kesulitan bernapas.
Untuk itu, para orang tua bisa usahakan membuat bayi merasa lebih nyaman ketika mereka sedang mengalami gejala flu seperti demam, hidung tersumbat, tubuhnya terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, bersin-bersin, dan lain-lain.

Coba atur suhu udara dalam ruangan bayi menjadi normal dan tidak kering. Jika menggunakan AC, pasanglah humandifier untuk menambah kelembapan. Kondisi udara ruangan yang kering memicu area pernapasan bayi lebih banyak memproduksi lendir. Anda bisa usapkan minyak telon agar tubuhnya terasa hangat.

Memberi ASI Dalam Jumlah Cukup

Tubuh bayi umumnya akan mengalami demam sebagai reaksi melawan virus, Untuk itu, asupan yang diberikan wajib diperhatikan. Pada bayi usia 6 bulan ke bawah, pemberian ASI ekslusif sangat memberi efek baik ketika dia sedang terserang penyakit yang berhubungan dengan daya tahan tubuh. Lebih baik hindari memberi susu formula karena akan membuat ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh bayi.

Jika bayi mengalami hidung tersumbat, Anda boleh menyemprotkan atau meneteskan obat tetes hidung. Obat tetes ini terbuat dari campuran air dan garam. Ingat, buatlah larutan obat tetes untuk satu hari pemakaian saja untuk menghindari larutan terkontaminasi bakteri.

Bila gejala tidak juga membaik atau demam anak Anda tidak turun dalam 2 hari, segera bawa dia ke dokter anak untuk mendapat penanganan lebih lanjut seperti pemberian obat pilek resep dokter khusus untuk bayi dan anak.

Sumber gambar: https://pixabay.com/photos/fever-fever-thermometer-temperature-3063126/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.