Tutorial Memperbaiki Bootmgr is Missing pada Windows 7

Masalah bootmgr is missing

Sistem operasi yang penulis pakai dulunya ada dua, yaitu Windows 7 dan Ubuntu, tetapi penulis mau mencoba untuk memakai sistem operasi linux yang lain yaitu Fedora 14 sehingga ubuntu yang ada dipartisi harddisk penulis terpaksa dikorbankan. Setelah sukses install Fedora 14 nya masalah muncul ketika akan memilih os windows 7 pada booting. Apabila dipilih “other” yang bearti dmemilih Windows 7 maka akan muncul ” BOOTMGR IS MISSING:please:.

Penulis lebih sering menggunakan Windows 7 sehingga boot manager yang terjadi masalah tadi harus dapat diselesaikan supaya tetap bisa menggunakan Windows 7. Banyak aplikasi yang penulis gunakan hanya kompatibel dengan windows 7 terutama games. Selain itu aplikasinya sudah banyak yang terinstal sehingga apabila penulis melakukan cara terakhir(instal ualng) akan memakan banyak waktu. Setelah berselancar di dunia maya akhirnya didapatkan solusinya :sweaty:.

Cara memperbaiki bootmgr is missing

Untuk mengembalikan boot manager Windows 7 yang missing(hilang) atau bootmgr is missing tadi, harus menggunakan bantuan dvd instaler windows 7 yang caranya dapat mengikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Masukkan DVD installer windows 7 ke dalam DVD Rom/RW. Pengaturan di bios harus diatur supaya booting pertama dari cd/dvd
  2. Nyalakan/restara komputernya
  3. Tunggu proses booting Windows 7nya dan setelah proses booting berjalan, pilih “Repair your computer”
  4. System installer pada Windows 7 akan mencari di drive mana windows 7 nya di install. Apabila sudah ditemukan, Pilih next.
  5. Setelah itu, akan muncul jendela System Recovery Options.
  6. Untuk memperbaiki boot loader windows 7 pilih Command Prompt.
  7. Setelah itu ketik bootrec/fixmbr
  8. Restart komputer dan keluarkan dvd instaler Windows 7 dan masalah bootmgr is missing sudah selesai :sweaty:.

Bootmgr is MissingWindows 7 akhirnya bisa berjalan kembali, namun bootingnya hanya bisa untuk Windows 7. Sistem operasi linux Fedora tadi tidak dapat dikenali oleh si Windows sehingga diputuskan untuk menghapus partisi Fedora tadi. Sebenarnya ada juga cara untuk mengembalikan boot manager sistem operasi Linux. Tetapi berhubung sistem operasi yang lebih sering digunakan yaitu Windows 7 jadi Linux Fedoranya dihapus saja :ayokona:.

Sekian dulu postingan mengenai cara memperbaiki boot manager is missing  pada windows 7 ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya :sorry:.

Latest posts by Hasnani (see all)

8 thoughts on “Tutorial Memperbaiki Bootmgr is Missing pada Windows 7

  1. Squidy Anan

    @sigit the wizard
    punya saya yg selamat cuma salah satu saja gan, saya pilih selamatkan windows 7. Ikuti cara yg di atas saja gan.:D

  2. Tofa

    Gan, msalah pada Lptop saya
    1. Bootmgr is missing
    2. Windowsnya rusak
    3. Saat di booting ama CD or Flashdisk(mau install ulang), ehh gak mau baca,udah berkali-kali, tetep aj Bootmgr is missing

    Give me solution please … lg bingung banget-nget-nget nih..
    Thanks sebelumnya

    1. squidy

      klo gitu instal ulang dengan memformat partisi harddisknya saja gan, klo bisa semua partisinya. tp amankan dulu data2nya, bisa lewat windows xp live cd atau cd linux.:D

  3. teebee

    gan klo ga bisa instal ulang ke winds gmna cara memperbaikinya gan??gara2 instl iatkos gagal..mau balik ke windows malah ga bisa gan>>!!

    1. squidy

      coba dulu dgn menghapus partisinya gan, klo saya biasanya dengan bantuan cd windows xp buat menghapus dan membuat partisi. setelah ada partisi baru, lalu diinstal windows 7.:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *