Cara Membuat Tag Cloud WordPress

Cara membuat tag cloud widget – Banyak blog khususnya wordpress.org yang menggunakan widget tag cloud pada halaman blog tersebut. Hal itu karena widget tag cloud dapat meningkatkan page rank situs dan page impression, serta mengoptimalkan search engine internal. Tag ini sedikit berbeda dengan kategori. Kalau penulis biasanya menggunakan kategori tunggal untuk postingan, tetapi memiliki tag yang lebih dari satu untuk tiap postingan.

Untuk cara membuat tag cloud widget pada blog seperti wordpress.org dapat menggunakan bantuan plugin wp php widget. Tetapi sebelumnya harus mengunduh atau download plugin wp php widget pada blog wordpress.org yang dapat diunduh(download) disini. Setelah itu aktifkan plugin wp php widget tadi dan pada apperance–>>widgets, lakukan proses drag php widget pada sidebar blog/situs kita.

Supaya lebih jelas untuk tutorial cara membuat tag cloud widget pada blog wordpress dapat dilihat gambar di bawah ini

tutorial memasang tag cloud widget

cara memasang tag cloud widget wordpress

Cara untuk memasang tag cloud pada wordpress yaitu dengan menambahkan kode di bawah ini pada php widget yang ada di sidebar theme wordpress.

<?php wp_tag_cloud(‘taxonomy=post_tag&smallest=10&largest=14&number=20’); ?>

Selain tag cloud, plugin tadi juga dapat untuk membuat category cloud. Cara untuk membuat category cloud yaitu dengan mengganti tag_cloud menjadi category. Supaya lebih jelas, dapat dilihat pada kode cara membuat category cloud di bawah ini

<?php wp_tag_cloud(‘taxonomy=category&smallest=10&largest=14&number=20’); ?>

Sekian dulu postingan cara membuat tag cloud widget kali ini ya. Sampai berjumpa pada postingan selanjutnya

Update

Untuk versi wp terbaru, dapat langsung digunakan dengan cara drag n drop pada bagian Appearance-Widget.

7 thoughts on “Cara Membuat Tag Cloud WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *