Kegiatan di Tempat Kerja Praktek

Postingan penulis sebelumnya yaitu mengenai perjalanan di Karawang. Untuk postingan kali ini penulis akan sedikit bercerita mengenai kegiatan di tempat kerja praktek. Seperti apa saja yang dilakukan ketika kerja praktek(KP) dan hal-hal lainnya .

Penulis dan teman penulis melakukan kerja praktek/PKL di PT. Pindo Deli Pulp & Paper Mills di bagian Carbonless atau NCR(Non Carbonize Required). Disini penulis lebih memfokuskan pada sistem otomasi proses produksi kertas dan pengontrolan prosesnya melalui DCS(Distributed Control System). DCS adalah salah satu arsitektur sistem otomasi elektronika pada suatu industri. Selain DCS, ada juga arsitektur sistem otomasi elektronika yang lain, yaitu DDC (Direct Digital Control) .

Kegiatan di tempat magang/kerja praktek

Kegiatan magang/PKL penulis di perusahaan PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills lebih banyak berhubungan dengan proses sistem otomasi produksi kertas Carbonless/NCR. Proses otomasinya sendiri seperti yang sudah penulis jelaskan di atas yaitu lebih difokuskan pada otomasi proses produksi kertas dan pengontrolan proses produksi kertas NCR melalui DCS yaitu mengenai sistem otomasi Back Coater, Final Station dan Buffer Tank .

Penjelasan lebih lanjut mengenai kegiatan di tempat kerja praktek nantinya akan terdapat di laporan magang/kerja praktek yang sedang akan penulis kerjakan. Semoga saja laporan kerja praktek/magang dapat selesai dengan tepat waktu dan dengan benar .

Tempat kerja praktek

Apabila ingin mengetahui kegiatan di tempat kerja praktek/magang, dapat dilihat gambar di bawah ini.

tempat kerja praktek

Ini kartu tanda mahasiswa kerja praktek penulis

tempat magang pkl

Sewaktu penulis berada di luar area bagian Carbonless

kegiatan tempat magang pkl

Ruang DCS

kegiatan tempat kerja praktek

Kegiatan ketika mengamati proses produksi

kegiatan tempat pkl

Di tumpukan kertas

kertas carbonless ncr

Di samping kertas Carbonless

kertas carbonless finishing

Bersama tumpukan kertas Carbonless(NCR)

magang pabrik kertas

Ini di depan kertas NCR yang siap untuk difinishing

Sekian dulu postingan penulis mengenai kegiatan di tempat kerja praktek atau magang kali ini. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya ya .

4 thoughts on “Kegiatan di Tempat Kerja Praktek

  1. dhuhita

    maaf kak boleh minta contact person kakak ngga? sy mahasiswa magang di pindodeli pingin sharing sm kakak ttg kegiatan PKL di Pindodeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *