Kegiatan Merangkai Lampu Otomatis

Lampu jalan otomatis

Penulis beserta teman-teman melakukan proyek untuk membuat lampu otomatis. Lampu otomatis ini menggunakan LDR sebagai sensor yang peka terhadap perubahan intensitas cahaya. Ketika malam (intensitas cahaya tidak ada/kecil) maka lampu akan otomatis menyala. Sebaliknya, jika siang hari maka lampu akan otomatis padam :puppyeyes:.

Pertama-tama yang dilakukan yaitu mempersiapkan rancangan rangkaian yang akan digunakan sebagai lampu otomatis. Berhubung dahulu penulis ada praktikum sistem sensor dan kebetulan tugas akhirnya lampu otomatis, maka rancangan rangkaian lampu otomatis sudah siap tersedia. Hanya perlu untuk memproduksi masal saja :waaah:.

Kedua yaitu mempersiapkan komponen-komponen yang digunakan pada rangkaian lampu otomatis seperti LDR, relay 9 volt, resistor 1 k dan 47 k, transistor bjt 547, catu daya 9 volt, lampu, kabel dan lain-lain. Di bawah ini adalah rangkaian lampu otomatis yang rencananya akan dirakit dan rangkaian ini didapat dari situs ini :blush:.

rangkaian lampu otomatis

Setelah komponen siap lalu melakukan proses ecthing pada papan pcb dengan terlebih dahulu memprint/mencetak rangkaian dan menempelkannya pada papan pcb dengan disetrika. Setelah selesai proses ecthing, lalu dilanjutkan dengan mengebor papan pcb. Apabila sudah selesai lalu memasangkan komponen-komponen pada papan pcb dan menghubungkannya. Rangkaian lampu otomatis siap untuk diaplikasikan untuk penerangan jalan :devilishgrin:.

Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk melihat proses pengerjaan lampu otomatis.

lampu otomatis

lampu led otomatis

rangkaian led otomatis

membuat lampu otomatis

etching lampu otomatis

merakit lampu otomatis

penerangan jalan otomatis

lampu jalan otomatis

Sampai disini dulu postingan mengenai rangkaian lampu taman otomatis .

Comments

  1. Mas bro, daerah mana tinggalnya…
    Sorry bro, ane sama sekali ga ngerti rangkaian elektro, tapi pengen belajar langsung…
    Boleh…???

Speak Your Mind

*

Gambutku located at Gambut , Gambut, Id . Reviewed by Hasnani rated: 4.7 / 5

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin