Kebakaran Lahan Gambut

Beberapa hari ini, di daerah Gambut sering sekali terjadi kebakaran lahan Gambut. Kebakaran lahan Gambut terjadi karena pada siang hari cuacanya sangat panas dan menyebabkan dedaunan/jerami padi yang kering menjadi terbakar. Lahan Gambut yang terbakar merupakan sesuatu yang selalu terjadi setiap tahun atau dapat dikatakan menjadi agenda tahunan bagi warga Gambut.

Setiap kali terjadi kebakaran, asap yang dihasilkan nanti sepertinya akan diekspor/dikirim ke daerah-daerah sekitarnya seperti Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya. Pada pagi harinya akan terlihat kabut pada daerah yang mendapat suplai asap dari kebakaran lahan Gambut. Kebetulan pada pagi ini(saat penulis posting), di daerah sekitar penulis, kabut yang ada sangat sedikit, sehingga dapat disimpulkan hasil kebakaran kemarin telah diekspor ke daerah lain sekitar Gambut.:))

Kebakaran Lahan Gambut

Di daerah penulis, tepatnya di belakang rumah penulis juga mengalami kebakaran lahan Gambut. Untuk melihat bagaimana kebakaran lahan padi Gambut yang ada di belakang rumah penulis dapat dilihat pada gambar di bawah ini

kebakaran lahan gambutApinya masih jauh

kebakaran lahan padiMulai mendekat

gambut kebakaranPublikasi sebentar.:))

gambut kebakaran lahanApi dilawan dengan api. Maksudnya sebelum apinya sampai ke sekitar rumah warga, jerami padi yang dekat dengan rumah warga, dibakar secara sengaja. Biasanya orang sini menyebutnya dengan kata “dibalas”.

kebakaran padi gambutMulai perang api vs api

padi terbakarPertempuran selesai

membakar padiSisa-sisa kebakaran lahan gambut

kebakaran lahan padi gambut

padi gambut yang terbakar

Sekian dulu postingan mengenai kebakaran lahan padi Gambut. Sampai berjumpa lagi pada postingan selanjutnya.

2 thoughts on “Kebakaran Lahan Gambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *