Kalkulator Bilangan Biner, Desimal, Okta dan Heksa

Aplikasi Kalkulator Bilangan Biner, Desimal, Okta dan Heksa

Postingan mengenai kalkulator bilangan biner, heksa dan okta ini terinspirasi ketika penulis lagi asyik main internet dan utak-atik sistem operasi linux, yaitu ubuntu 10.10. Sewaktu itu ternyata ketemu aplikasi kalkulator dan penulis iseng-iseng untuk mencobanya. Ternyata pada aplikasi kalkulator tadi terdapat kalkulator bilangan biner, desimal, okta dan heksa. Kalkulator ini sudah tersedia di dalam sistem operasi, jadi tidak perlu lagi untuk download kalkulator nya. Postingan ini hanya mengenai kalkulator biner, heksa dan okta ya, bukan kalkulator online, kalkulator cinta, kalkulator java ataupun kalkulator casio :argh:.

Selain pada linux ubuntu 10.10, pada sistem operasi Windows 7 pun juga terdapat kalkulator bilangan biner semacam ini. Yang berbeda dari kedua kalkulator ini mungkin hanya tampilan. Sedangkan untuk fungsinya sama yaitu bisa mengurang, menambah, mengali dan membagi bilangan biner, desimal, okta maupun heksa. Kalkulator Bilangan Biner, Desimal, Okta dan Heksa sudah tersedia di dalam paket sistem operasi sehingga tidak perlu untuk download kalkulator lagi :antok:.

Tampilan kalkulator biner, desimal, okta dan heksa

Di bawah ini sedikit gambar hasil printscreen penulis pada kedua sistem operasi tadi

aplikasi kalkulatorIni kalkulator pada Windows 7
kalkulator windows linuxIni kalkulator pada linux ubuntu
Bilangan-bilangan tadi penulis dapatkan ketika kuliah bidang keahlian instrumentasi yaitu mata kuliah elektronika lanjut di semester 6 Fisika FMIPA UNLAM. Andai penulis sudah lama tahu ada kalkulator semacam pada Windows maupun linux, mungkin dalam mengerjakan tugas yang ada pada mata kuliah ini akan lebih mudah. Disinilah fungsi dari komputer itu sendiri yaitu untuk memudahkan umat manusia dalam berbagai hal :woooh:.
Sekian dulu postingan aplikasi kalkulator biner nya. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya ya :astig:.

Latest posts by Hasnani (see all)

4 thoughts on “Kalkulator Bilangan Biner, Desimal, Okta dan Heksa

  1. Squidy Anan

    @cweety amor
    pakai aplikasi kalkulator yang ada di windos saja. sudah ada untuk versi okta, heksa, biner.:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *