Jangan Lakukan Ini Setelah Operasi Agar Luka Cepat Sembuh

Operasi untuk menyembuhkan penyakit atau mempermudah persalinan pastinya akan meninggalkan bekas luka. Kebanyakan orang menganggapnya sepele sehingga ketika nyeri luka hilang, mereka sudah melakukan aktivitas seperti biasa, alhasil luka kembali memburuk bahkan mengalami infeksi. Berikut ini beberapa pantangan yang tak boleh dilakukan usai operasi agar proses sembuhnya sempurna.

Hindari Kerja Berat, Aktivitas Kotor, Dan Terlalu Lama Di Luar Rumah

artikel luka bekas operasi gue sehatTiga hal utama yang harus dihindari usai menjalani operasi adalah tidak boleh kerja berat, melakukan aktivitas kotor, dan berada di luar ruangan terlalu lama. Jika dilakukan, maka tak tertutup kemungkinan luka kembali berdarah bahkan bisa mengakibatkan operasi ulang pada area luka, kenapa bisa begitu?

Kerja Berat

Sama halnya dengan anak-anak yang sudah minum obat diare anak alami dan harus beristirahat total agar kondisinya kembali normal. Para penderita operasi juga harus melakukan hal yang sama. Mereka dilarang melakukan kerja berat apalagi mengangkat beban yang beratnya lebih dari 2 kg.

Alasannya sangat masuk akal, yaitu jika dipaksakan mengangkat beban berat maka luka bekas operasi akan tertekan dan jahitan luka menjadi lepas sehingga luka akan kembali muda dan harus dilakukan penjahitan ulang. Apalagi jika bekas operasi berada di bagian dada dan perut.

Aktivitas Kotor

Luka bekas operasi sangat rentan terkena infeksi karena adanya penyambungan dua area yang terbuka, dimana kulit dan dagingnya membutuhkan proses untuk menyatu. Jika terkena kuman infeksi bukan saja terjadi di area luka, tapi bisa menyerang langsung organ dalam tubuh manusia.

Makanya usai operasi pasien tak boleh berhubungan langsung dengan air, tanah, udara, maupun hal-hal yang sangat mudah menjadi media perpindahan kuman. Jika diabaikan maka infeksi pastinya akan terjadi, apalagi jika perawatan luka dilakukan seadanya.

Terlalu Lama Di Luar Rumah

Seperti sudah disinggung dalam salah satu artikel luka bekas operasi gue sehat, terlalu lama di luar ruangan yang langsung terkena cahaya matahari, akan membuat luka menjadi lebih lama sembuh, sebab paparan sinar matahari mengakibatkan kulit mengalami iritasi dan perubahan warna, yang berimbas pada bagian luka yang juga akan mengalami iritasi.

Alangkah baiknya usai menjalani operasi seseorang harus menjalani istirahat total sambil merawat bekas lukanya dengan cara yang tepat. Mulai dari mengganti perban, membersihkan sekitar area luka dengan cairan khusus, dan benar-benar menjaga kondisi dan aktivitas, agar luka bisa cepat sembuh. Tak ada salahnya bersabar untuk pemulihan yang benar-benar maksimal bukan?

Sumber gambar: https://pixabay.com/photos/patch-stone-facade-repair-setting-2328289/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.