FSP Power Supply

FSP Power Supply – Bagi yang suka utak atik PC atau personal komputer pasti sangat mengetahui peran vital dari sebuah power supply. Power supply atau istilahnya catu daya disini dapat diibaratkan sebagai jantungnya sebuah komputer. Kalau pada manusia jantung berperan sebagai peredaran darah, sedangkan pada komputer, power supply berperan sebagai penyuplai tegangan bagi perangkat-perangkat yang berada di dalam komputer.

Perangkat yang berada di dalam komputer biasanya mengharuskan daya/tegangan yang masuk padanya sesuai stabil dikisaran angka tertentu. Misalnya 12 volt, 5 volt, atau 3.3 volt. Maka power supply yang baik, tegangan yang dihasilkan juga sangat mendekati angka angka tadi. Selain itu efisiensi dari power supply  minimal 80+. Biasanya vendor yang sudah bergelut di bidang power supply seperti Corsair power supply, Seasonic power supply, FSP power supply, Tagan power supply dan merek-merek terkenal lainnya memiliki tegangan keluaran yang yang sudah stabil dan efisiensi power supply di atas 80+cool onion head.

FSP Power Supply Supersonic 550 Watt

Penulis kebetulan diberi kepercayaan untuk merakitkan sebuah personal komputer. Penulis yang biasanya selalu berhubungan dengan merek Intel dan ATi Radeon untuk sementara menyeberang ke AMD dan nVidia. Akibatnya penulis sedikit bingung mengenai sistem dari AMD dan nVidia. Tapi lama kelamaan akhirnya mulai tahu juga bird onion head.

Mitos yang beredar sejak dahulu kala yaitu kalau prosessor AMD itu cepat panas dan memakan daya yang besar. Tapi untuk sekarang sepertinya mitos itu tidak berlaku lagi. Tetapi untuk jaga diri si komputernya terutama buat perangkat keras prosessor, motherboard, ram, harddisk dan lain-lain, penulis memutuskan untuk memilih power supply yang harga dan kualitasnya paling mendekati ideal. Biasanya harga power supply yang mahal tetapi kualitasnya ok, atau power supply abal-abal tetapi kualitasnya sangat meragukan. Penulis memilih untuk mencari power supply yang harganya tidak terlalu mahal tetapi kualitasnya dapat diandalakn. Akhirnya setelah browsing d forum penulis menjatuhkan pilihan pada power supply FSP Supersonic 550 Watt meh onion head.

FSP power supply yang penulis pilih memiliki daya keluaran sebesar 550 Watt dengan efisiensi 80+. Dari segi harga FSP power supply tadi tidak sampai menjual rumah kok. Untuk spesifikasi dan review yang lebih lengkap  mengenai psu FSP Supersonis 550 Watt dapat menuju link disini hehe onion head.

Tampilan FSP Power Supply Supersonic 550 Watt

Di bawah ini adalah sedikit penampakan dari FSP power supply.

fsp power supplyIni psu FSP yang masih dalam tempatnya. Ada model kucingnya

power supply fspIni beserta perkabelannya

perbandingan power supply fspPower supply FSP Supersonic (kanan) bersama power supply lama(kiri) penulis.

Sekian dulu postingan mengenai FSP power supply ini. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya super onion head.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *