Cara Meningkatkan Performa Laptop Asus A407UA dengan menambah SSD dan RAM

Penulis dari dulu sampai sekarang hanya mengandalkan personal komputer aka PC untuk melakukan berbagai kegiatan di balik layar. Namun sekarang, penulis memiliki laptop Asus A407UA. Sayangnya, untuk urusan performa, jelas sekali personal komputer beberapa langkah (dalam hal kecepatan memproses data) di depan laptop. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis memutuskan untuk mengupgrade harddisk pada laptop tersebut dengan SSD. Sebenarnya nanti bukan upgrade sih, tetapi tambah SSD .

Pencarian informasi mengenai kemungkinan upgrade laptop tersebut penulis telusuri via google. Namun, informasi paling tepat penulis dapatkan dengan langsung menanyakan ke service center resminya. Setelah tahu apa yang diperlukan, langsung beli hardware tambahannya melalui toko online dengan menimbang berbagai pilihan harga yang paling cocok untuk kantong penulis .

Spesifikasi laptop ASUS A407UA milik penulis yaitu:

Intel Core i3 6006U Processor 2 GHz generasi ke enam
4 GB DDR4 2133MHz SDRAM
14.0 Inch
Intel HD Graphics 520
1TB 5400RPM SATA HDD
dll.

Atau biar lebih jelas cek langsung di website resminya disini.

Laptop Asus seri A407UA memiliki slot SSD m.2 dan juga slot tambahan untuk RAM DDR4. Sehingga penulis tidak perlu untuk melakukan ganti harddisk ke SSD, tetapi cukup tambah SSD lalu sistem operasi (OS Windows 10) dipindah dari harddisk (HDD) ke SSD tadi. Penulis sebelumnya sudah menanyakan ke Asus service center mengenai slot yang tersedia untuk menambah hardware di dalam laptop penulis. Berhubung masih garansi, jadi proses pasang memasang penulis serahkan ke pihak service dan kena biaya pemasangan saja sebesar 150 ribu rupiah .

Untuk SSD m.2, penulis beli yang standar, bukan yang versi SSD m.2 NVMe. Kalau tidak salah, laptop penulis hanya mendukung SSD m.2 standar saja. Sedangkan untuk RAMnya penulis memilih yang sesuai spesfikasi di atas yaitu DDR4 2133MHz. Merek dari SSD m.2 dan RAM sama, yaitu dari Team. Note: Ini bukan postingan promosi ya

Teamgroup SSD dan RAMTeamgroup SSD M.2 128 GB dan Team RAM 4GB DDR4

Teamgroup M2 SSDUkuran fisik SSD m.2 yang lumayan kecil.

Dampak yang dihasilkan setelah pemasangan SSD m.2 dan tambahan RAM tentu saja membuat laptop penulis meningkat performanya. Selain waktu booting yang menjadi hanya berkisar belasan detik, laptop tersebut juga menjadi nyaman untuk membuka aplikasi-aplikasi karena sudah cepat .

Dengan meningkatkan performa laptop, penulis sekarang tidak perlu lagi selalu bertapa di dalam kamar kesayangan penulis, quote bijak “every time everywhere” akan berlaku jadinya dengan syarat terkoneksi internet. Penulis bisa ngeblog, kuliah online UT dan lain-lain cukup dengan laptop Asus A407UA jika sedang tidak berada di ruang pertapaan .

Ya mungkin untuk kelemahan memakai laptop ini hanya layarnya saja yang terasa kecil dan kenyamanan memakai keyboard mekanik tidak penulis dapatkan jika memakai laptop. Seperti biasa di setiap akhir postingan penulis, kali ini penulis share video dari the Beatles – Here Comes the Sun. Sampai jumpa di postingan selanjutnya yang entah kapan akan terposting lagi .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.