Tutorial Cara Mengembalikan Data yang Hilang

Cara mengembalikan data yang hilang

Bingung mau nulis kalimat apa sebagai pembuka postingan mengembalikan data yang hilang siul. Posingan cara mengembalikan data yang hilang kali ini berdasarkan pengalaman penulis sewaktu mencoba-coba untuk format harddisk (hd) komputer. Tetapi muncul masalah yaitu harddisk penulis tidak terbaca dalam sistem operasi windows. Padahal dalam bios harddisknya sudah terdeteksi. Selain itu, banyak data penulis di dalam hd, sehingga penulis berusaha untuk mengembalikan data harddisk.

Kejadiannya waktu itu cerita dimulai dari tidak maunya cd Windows XP sebagai booting awal sehingga penulis putuskan untuk mencoba Windows yang lebih jadul sajamalu. Setelah proses berjalan tetapi tidak sampai selesai diputuskan untuk langsung direstart saja komputernya. Eh, setelah nyoba lagi partisi harddisk malah gak adahah. Padahal dalam harddisk tadi ada 4 partisi, tapi tak ada satupun yang terdeteksi, belum lagi data-data penting di sana sangat banyak dan belum diback-up. Jadi pusing dehtension. Penulis coba-coba untuk mengembalikan data yang hilang pada harddisk, tapi belum berhasil.

Cara mengembalikan data yang terhapus

Tanya-tanya dengan teman-teman tapi jawabannya malah tambah bikin pusing. Ada yang bilang di “LEM BIRU” maksudnya lempar lalu beli baru, disumbangkan, bawa ke toko komputer saja dan lain-lainmarah.

Namun dicoba saja pilihan ke tiga yaitu bawa ke toko komputer. Setelah dibawa dan menunggu selama kurang lebih 2 hari ternyata masih tidak bisa untuk diselamatkan data-datanyanangih, malah dibilang kurang lebih seperti ini”tidak mungkin datanya bisa dikembalikan karena bekas di format dengan low level format”. Apa tuh “low level format”???around Penulis rasa formatnya seperti biasa, kecuali ada sedikit kesalahan dari penulis ketika melakukan proses format. Akhirnya penulis putuskan untuk dicoba lagi untuk mengembalikan data yang terhapus pada harddisk tadi doa.

Cara Mengembalikan Data HarddiskBeberapa hari berlanjut dan tak kunjung berhasil juga(mencoba dicabang lah harddisknya, tapi tetap gak detek di windows padahal di bios terdeteksi), hampir saja harddisk tadi diformat keseluruhan(penulis pasrah engan data-datanya). Untungnya sesaat sebelum itu terjadi, penulis teringat dengan salah seorang guru les dulu yang ngajari penulis tentang teknisi komputerfikir. Langsung deh penulis sms, alhamdulillah beliau jawab smsnya(secara teori). Kepala yang masih pusing karena masih belum berhasil juga, akhirnya penulis putuskan langsung bawa saja ke tempat beliau tadi. Alhamdulillah dengan bantuan beliau penulis berhasil mengembalikan data yang ada pada harddisk tadi sekaligus juga penulis dapat ilmu baru dari beliau.

Ok deh, langsung saja penulis bagikan ilmunya kepada para pengunjung yang mau tahu gimana cara mengembalikan data pada harddisksenyum. Pertama harddisk yang mau diselamatkan tadi dicabang dulu dengan harddisk yang lain dengan catatan harddisk yang rusak tadi sebagai harddisk yang kedua(windows berjalan di harddisk masih ok/harddisk 1), oh iya itu bisa diubah di biosnya. Lalu ketika windowsnya dah jalan, instal deh software GetDataBack NTFS/FAT, untuk yang GetDataBack NTFS bisa download disini, sedangkan yang untuk GetDataBack FAT bisa download disini. Tinggal pilih deh apakah NTFS/FAT pada partisi harddisknya. Jalankan programnya dan akan terlihat partisi-partisinya, pilih yang mau dikembalikan data dan tunggu proses. Selesaitepuktangan.

Semoga informasi mengenai cara mengembalikan data yang hilang pada harddisk yang di atas tadi bermanfaatsengihnampakgigi.

Latest posts by Hasnani (see all)

4 thoughts on “Tutorial Cara Mengembalikan Data yang Hilang

  1. wibowo

    maaf gan numpang nanya, software tersebut apa bisa dipakai untuk recovery flashdisk juga…
    Mohon diberi penerangan, tanks b4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *