Cara Memperbaiki Sistem Pengering pada Mesin Cuci

Kerusakan sistem pengering pada mesin cuci – Penggunaan mesin cuci dilakukan untuk mempermudah proses cuci mencuci pakaian. Selain untuk mencuci, mesin cuci juga dapat digunakan untuk mengeringkan pakaian, terutama pada musim penghujan sekarang. Sebenarnya untuk pengering pada mesin, tidak langsung untuk kering 100%, tetapi hanya untuk mempercepat proses pengeringan pakaian yang dicuci pada mesin cuci.

Beberapa waktu yang lalu, penulis mendapatkan kiriman mesin cuci yang hanya dapat untuk mencuci. Sedangkan untuk mesin pengeringnya tidak berfungsi atau dengan kata lain, penulis mendapatkan kiriman mesin cuci yang semi rusak atau semi baik yaitu kerusakan sistem pengering mesin cuci.Pertama-tama penulis cek dulu rangkaian sistem yang tertera di belakang mesin cuci lalu langsung cek perkabelan pada mesin cuci, dan sepertinya masih baik-baik saja.

Kerusakan sistem pengering mesin cuci

Sistem pengering pada mesin cuci tersebut tidak dapat berfungsi yaitu pada bagian pemutar(dinamo)atau mekanik pemutar, untuk timer pada mesin masih berfungsi dengan normal. Dari analisa penulis, kerusakan mesin pengering pada mesin cuci tersebut karena ada “sesuatu” yang terputus untuk sistem pengering dari mesin cuci di atas. Penulis menganalisa ketika dinamo pengering pada mesin cuci tidak dapat berfungsi sama sekali sehingga diperkirakan kerusakan pada pengering mesin cuci hanya karena adanya aliran arus listrik yang terputus.

Setelah bongkar-bongkar dan utak atik pada mesin cuci tersebut, penulis menemukan sesuatu yang menyebabkan mesin pengering pakaian tidak berfungsi. Penulis melihat seperti semacam saklar untuk memutus proses sistem pengering yang sudah karatan sehingga putus dari rangkaian. Sistem kerjanya yaitu apabila tutup pengering diangkat maka mesin pengering tidak akan berputar, sedangkan apabila tertutup, mesin pengering dapat dinyalakan.

Penyebab kerusakan pada pengering mesin cuci

Supaya lebih jelas dapat dilihat gambar dibawah ini

kerusakan pengering mesin cuci

Sebelumnya hubungan antar kabelnya terputus, yang ada pada gambar kerusakan sistem pengring pada mesin cuci diatas sudah penulis hubungkan dan setelah diujicoba, mesin pengeringnya berhasil menyala lagi dengan normal.

Sekedar tambahan,  sesuatu yang dapat menyebabkan kerusakan sistem mesin pengering pada mesin cuci selain seperti gambar diatas yaitu pada bagian pengontrol kerja pengering mesin cuci yang biasanya terletak pada bagian atas. Supaya lebih jelas dapat dilihat gambar di bawah ini

kerusakan sistem pengering mesin cuci

Sekian dulu postingan mengenai cara memperbaiki kerusakan pengering pada mesin cuci kali ini ya. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

 

Comments

  1. bagaimana memastikan kalau dinamo pengeringnya tidak rusak? cara ceknya gimana?

Speak Your Mind

*

Gambutku located at Gambut , Gambut, Id . Reviewed by Hasnani rated: 4.7 / 5

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin