Kejadian bermula ketika penulis sedang asyik blogwalking di suatu tempat. Di blog-blog yang penulis kunjungi kebanyakan memakai shoutmix sebagai buku tamunya. Langsung saja penulis tinggalkan jejak di buku tamu shoutmix. Tulis nama(nickname), url, dan juga pesan. Lalu muncullah di buku tamu shoutmix tadi yg kita tuliskan tadi. Setelah diliat dengan seksama ada yang aneh dengan buku tamu shoutmix tadi, urlnya tidak muncul. Jika itu tidak ada maka kegiatan blogwalking antar blogger akan susah:hilo:.

Namun penulis tetap berpikir positif, mungkin akibat DNS nya yang memang seperti itu. Seperti di tempat penulis DNS nya agak sedikit lelet(cache isp nya lama baru dibersihkan), hal itu dapat penulis liat ketika posting postingan baru. Biasanya perlu waktu beberapa hari baru postingan awal tadi bisa terbaca oleh penulis. Contoh lain yaitu ketika penulis buka blognya ini, terliat(dalam sudut pandang penulis) masih menggunakan shoutmix, kalau pembaca mungkin akan meliat cbox di blog ini.

Di suatu tempat yang lain lagi, dan tempat yang lain lagi (tempat ketika penulis online blog) didapatkan kasus yang sama seperti di atas. Namun pada blog kepunyaan blogger yang lain yang menggunakan buku tamu selain shoutmix tidak mendapatkan masalah yang sama. Sehingga penulis putuskan untuk mengganti buku tamunya dari awalnya shoutmix menjadi cbox:antok:.

blogwalking shoutmixMudah-mudahan dengan masang cbox ini, tidak akan timbul masalah seperti di atas. Dan juga mudah-mudahan supaya shoutmix kemballi seperti keadaan asal(biarpun penulis sudah ganti cbox). Misalnya pembaca/blogger ingin masang selain cbox masih banyak juga alternatif lain selain cbox, seperti sbox dll. Tinggal nanya sama Om Google, insya allah jawabannya memuaskan. Salam blogger.

Update: cbox sudah tidak ada di blog gambutku.com ini. Apabila ada sesuatu yang ditanyakan bisa langsung kontak penulis atau dengan melalui kolom komentar.

Share: