Aplikasi MATLAB 7 pada Windows 7

Software matlab 7 windows 7

Postingan mengenai cara menjalankan software Matlab 7 ini terinspirasi ketika penulis setelah selesai menginstal aplikasi Matlab 7 pada Microsoft Windows 7. Tetapi ketika akan dijalankan(run) ternyata software matlab 7 tidak mau jalan. Untunglah ada situs pencarian yang namanya google sehingga penulis bisa mendapatkan solusinya. Akan lebih baik jika sudah memiliki software matlab ini, entah itu dengan download matlab atau minta filenya sama yang punya :devilishgrin:.

Aplikasi atau software Matlab 7 akan sering penulis gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan di MIPA Fisika. Berdasarkan info yang penulis baca dari Wikipedia, “MATLAB adalah sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat. Dikembangkan oleh The MathWorks, MATLAB memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritma, pembuatan antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa lainnya. Meskipun hanya bernuansa numerik, sebuah kotak kakas (toolbox) yang menggunakan mesin simbolik MuPAD, memungkinkan akses terhadap kemampuan aljabar komputer. Sebuah paket tambahan, Simulink, menambahkan simulasi grafis multi ranah dan Desain Berdasar-Model untuk sistem terlekat dan dinamik” :yawn:.

Menjalankan software matlab 7 pada windows 7

matlab windows 7Bagi yang ingin menjalankan software Matlab di Windows 7 ada trik yang penulis dapatkan dari menjelajah google di link ini, supaya aplikasi Matlab berjalan dengan baik dapat mengikuti tutorial install matlab di bawah ini, yaitu :

  1. Setelah selesai instal aplikasi Matlab, instal dulu aplikasi/software java terbaru. Apabila ingin mengunduh/download java offline bisa menuju link ini.
  2. Lakukan proses instal aplikasi java sampai selesai
  3. Copy folder jre6 dari C:/Program Files/Java
  4. Paste kan pada C:/MATLAB7/sys/java/jre/win32
  5. Cari file jre.cfg, lalu buka dengan notepad dan ubah teks yang ada di dalamnya menjadi angka 6. Pilih save
  6. Terakhir tinggal jalankan aplikasi Matlabnya .

Semoga postingan mengenai cara menjalankan matlab pada windows 7 bermanfaat bagi yang memerlukannya terutama yang memerlukan matlabĀ  for windows 7. Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya :sleep:.

Update :

Aplikasi Matlab 7 yang dipaksakan berjalan pada Windows 7, nanti akan ada sebagian toolbox yang tidak dapat berfungsi. Seperti fuzzy toolbox dan lain. Sebaiknya menggunakan Windows XP untuk Matlab 7 supaya semua toolbox dapat berfungsi dengan baik. Atau dengan menggunakan update ke Matlab versi terbaru untuk Windows 7

Latest posts by Hasnani (see all)

10 thoughts on “Aplikasi MATLAB 7 pada Windows 7

  1. Squidy Anan

    open lewat notepad dulu, lalu hapus angka sebelumnya dan ganti dengan angka 6, lalu save biasa. biasanya langsung bisa.:D

  2. Anonymous

    Kenapa setelah di ubah jre nya menjadi 6 aplikasi matlab jalan tapi setelah itu langsung close alias windows aplikasi matlab menutup sendiri? tolong banget apa yangsalah?

  3. Squidy Anan

    coba restart dulu gan kompinya,lalu coba untuk menjalankan matlabnya dgn klik kanan dan pilih run as administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *