4 Desember

Pasti yang membaca postingan ini akan sedikit bingung ada apa sih dengan tanggal 4 Desember. Menurut catatan sejarah, pada tanggal 4 Desember ada beberapa peristiwa penting, yaitutopi

1. 4 Desember 1639, pada tanggal ini terjadi Observasi pertama fenomena transit Venus oleh Jeremiah Horrocks di Inggris

2. 4 Desember 1976, Gerakan Aceh Merdeka(GAM), dideklarasikan oleh Hasan Tiro.

3. 4 Desember 1748, Claude Berthollet, seorang kimiawan Perancis, terlahir ke dunia. Setelah menyelesaikan pendidikannya, dia banyak melakukan eksperimen eksperimen kimiawi. Berthollet meyakini bahwa hasil dari sebuah reaksi tergantung kepada perbandingan reaktan. Teori ini kemudian dibuktikan salah oleh ahli kimia lainnya, yaitu Proust. Namun, proposisi Berthollet bahwa tingkat reaksi kimia tergantung pada konsentrasi reaktan adalah benar. Fakta ini kemudian disebut sebagai Hukum Aksi Massa. Berthollet meninggal dunia pada tahun1822.

4. 4 Desember 1899, untuk pertama kalinya, vaksin tipus diaplikasikan kepada masyarakat. Penyakit ini menyebar sejak abad ke-17 di Eropa dan memuncak pada era Perang Napoleon. Kemajuan signifikan dalam melawan penyakit ini dimulai setelah tahun 1909 ketika seorang dokter perancis, Charles Nicolle menemukan bahwa tipus berpindah dari orang ke orang melalui bakteri yang ada di tubuh. Virus dan bakteri penyebab tipus tersebar melalui air yang tercemar dan sanitasi yang yang buruk. Biasanya penyakit ini dimulai dengan demam lebih dari satu minggu yang muncul pada sore dan malam hari dan tidak juga turun meski kita sudah mengonsumsi obat penurun panas. Gejala lainnya adalah sakit kepala dan rasa tidak enak pada perut yang menyebabkan diare, perut kembung dan muntah-muntah. Lidah yang terlihat berselaput putih susu pada bagian tengah juga merupakan salah satu gejalanya. Bila semakin parah, hati dan limpa bisa membengkak. Penyakit tipus juga bisa berkomplikasi atau membuat luka pada bagian usus. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan meminum antibiotika.

5. 4 Desember 1952, konferensi segi tiga yang diikuti AS, Inggris, dan Perancis, berlangsung di kepulauan Bermuda yang terletak di Samudera Atlantik Amerika Selatan, . Ketiga negara peserta konferensi itu, selain membicarakan kerjasama di antara mereka, juga mengambil keputusan penting dalam kerjasama menghadapi Uni Soviet. Pada saat itu, bagian barat Berlin berada dalam kekuasaan ketiga negara tersebut, sedangkan bagian timur Berlin dikuasai Uni Soviet. Pergolakan di antara kedua pihak itu memuncak dengan didirikannya Tembok Berlin pada tahun 1961 oleh Jerman Timur dan Soviet.

6. 4 Desember 1990, Doktor Muhammad Husein Masayekh Fereyduni, seorang peneliti dan penulis terkemuka Iran, meninggal dunia pada usia 76 tahun. Dia meraih gelar doktornya di bidang bahasa dan sastra Persia serta banyak melakukan penelitian di bidang islamologi, Iranologi, dan hubungan budaya negara-negara Islam. Doktor Fereyduni juga pernah menjadi anggota komisi penelitian ilmiah internasional di UNESCO mengenai jalur sutra. Semua hasil penelitiannya ditulis dalam berbagai buku yang bernilai. Doktor Fereyduni juga sangat menyukai karya-karya Iqbal, sehingga banyak menerjemahkannya syair-syair Iqbal ke dalam bahasa Persia. Karya-karya Dr. Fereyduni di antaranya berjudul “Suara Penyair Masa Depan” dan “Riwayat Baru Tentang Rahasia Diri Iqbal

7. 4 Desember 1990, konferensi pertama tentang Palestina digelar di kota Teheran, Iran. Konferensi ini adalah untuk menggalang kerjasama dunia untuk mendukung gerakan Intifadhah dan penentangan terhadap berlanjutnya imigrasi kaum Yahudi ke Palestina. Orang-orang yang hadir dalam konferensi ini, di antaranya adalah para pejuang dan pemikir muslim dari Palestina, Iran, dan negara-negara lainnya. Masalah utama yang dibahas dalam konferensi ini adalah dimensi dan penyebab gerakan Intifadhah, revolusi Islam Palestina, dan pengaruh perubahan regional terhadap Palestina.Untuk 1 dan 2, referensi didapat dari wikipedia Indonesia, sedangkan untuk 2-7 referensi didapat dari http://indonesian.irib.ir. Untuk versi penulis tanggal 4 Desember merupakan hari yang juga sangat bersejarah. Dimana 20 tahun yang lalu di Daerah Gambut lebih tepatnya di Jl. A. Yani km 13 Gambut terdengar suara tangisan seorang bayi laki-laki. Bayi laki-laki tadi diberi nama oleh orang tuanya Muhammad Hasnani. Pengunjung blog ini pasti kenal siapa itu. Yup, itu adalah penulis sendiri.

Hari ini merupakan hari ulang tahun sang penulis blog yang ke 20. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT karena telah diberikan umur sampai sekarang, juga kepada orang tua yang masih dengan setia menyayangi penulis, kakak-kakak yang selalu mendukung, keluarga serta teman-teman. Semoga dengan bertambahnya um

Tautanur ini penulis bisa tambah lebih baik lagi ke depannya amin.Sedikit berbagi kejadian menarik pada hari ini kepada pengunjung ya… Pada hari ini pertama-tama penulis bermimpi bertemu dengan yang sangat penulis sayangi biarpun telah tiada lagi, yaitu kucing kesayangan penulis yang kurang lebih 2 tahun sudah meninggalkan penulis. Biarpun dalam mimpi tapi rasanya itu sangat menyenangkanmuanthabbb. Kejadian yang kedua pada hari ini yaitu pada final praktikum Elektronika 1 penulis benar-benar hoki bisa mendapatkan final praktikum yang lumayan mudahhohohoho. Penu lis mendapatkan jatah percobaan 1 ( Resistor, Hukum Ohm danHukum Kirchoff) yang Alhamdulillah penulis bisa mengerjakannya dengan baik.

Ok deh, sekian dulu postingan tentang 4 Desember kali ini ya…..pisss

Latest posts by Hasnani (see all)

4 thoughts on “4 Desember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *